Headlines News :
Home » , , » Apakah boleh orang sholat fardlu berma'mun kepada orang sholat sunnah?

Apakah boleh orang sholat fardlu berma'mun kepada orang sholat sunnah?

Written By *Ahsan on Monday, November 12, 2012 | 1:47 AM


Diantara syarat sahnya ma'mum mengikuti imam: Hendaknya imam tidak dalam posisi yang lebih rendah daripada ma'mum. Maka orang yang sholat wajib tidak boleh berma'mum kepada orang yang sholat sunnah, kecuali menurut syafi'iyyah. Syafi'iyyah berkata: Sah bagi orang yang sholat fardlu berma'mum kepada orang yang sholat sunnah, tapi hukumnya makruh.

Oleh karenanya tidak boleh orang yang bisa rukuk berma'mum kepada orang yang tidak bisa ruku'. Tidak boleh orang yang pakaiannya tertutup berma'mum kepada orang yang pakaiannya terbuka (meskipun dia tidak menemukan baju untuk menutupinya), demikian menurut hanafiyyah dan hanabilah. Sedangkan syafi'iyyah dan malikiyyah tidak sependapat dengan dua madzhab sebelumnya. Tapi malikiyyah menambahkan bahwa hukumnya makruh.

Tidak boleh juga bagi orang yang suci berma'mum kepada orang yang najid (meskipun tidak menemukan sesuatu untuk bersuci), demikian pendapat 3 madzhab selain malikiyyah.

Dibolehkan orang yang tidak bisa membaca berma'mum kepada orang yang bsia membaca. Dibolehkan juga orang yang berdiri berma'mum kepada orang yang duduk (yang tidak mempunyai kemampuan untuk berdiri).

Sumber: Sumber: Fiqh madzhab arba’ah, Abdurrahman al Jaziri w. 1360 H, juz 1 hal 359, Darul Fikr, 2008 M.
Share this article :

1 comment:

  1. mungkin ini perlu diralat, saya coba copy kan aja dari artikelnya
    "Dibolehkan orang yang tidak bisa membaca berma'mum kepada orang yang bsia membaca."

    ini slah tulis atau memang benar? kalau ini memang benar, ya memang sudah semestinya, orang tidak bisa membaca (dengan baik, lancar, fasih dan sesuai hukum bacaan)berma'mum kepada yang bisa (pandai) baca.

    mohon penjelasan

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Syari'ah Islam Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template