Headlines News :
Home » , , » Bagaimana Hukum Perceraian Lewat HP?

Bagaimana Hukum Perceraian Lewat HP?

Written By *Ahsan on Sunday, November 18, 2012 | 3:19 PM


Pertanyaan:
Bagaimana hukum perceraian melalui perantara HP? Karena sebagian negara (seperti Malaysia) tidak memperbolehkan perceraian semacam ini. Apakah perceraian lewat HP itu terjadi? Dan apakah perceraian itu merupakan sebuah penghinaan (penurunan) terhadap derajat seorang wanita? Dan apa efek perceraian terhadap masyarakat?

Jawaban:
Perceraian terjadi dengan segala sesuatu yang (memutus) akad pernikahan. Apabila seseorang menulis surat perceraian tetapi tidak berniat untuk menceraikannya maka perceraian itu tidak terjadi. Karena tulisan itu terdapat dua kemungkinan. Kemungkinan terjadi perceraian (yaitu dengan adanya niat) dan kemungkinan tidak terjadi perceraian (yaitu dengan tidak ada niat untuk menceraikan).

Jika dia ingin menceraikan dengan tulisan maka hendaknya ia menulis surat perceraian dan berniat untuk menceraikannya.

Para fuqaha mensyaratkan (perceraian dengan tulisan) hendaknya mustabiinah dan marsuumah. Mustabiinah maksudnya tulisan itu bisa terbaca. Marsuumah maksudnya hendaknya ditulis atas nama dirinya.

Perceraian bisa terjadi dengan bahasa apapun asal kedua belah pihak paham dengan bahasa tersebut.

Meskipun perceraian itu perbuatan halal yang paling dibenci Allah, tapi perceraian itu tidak merendahkan derajat seorang perempuan. Walaupun dalam perceraian tersebut ada sisi negatif terhadap keluarga, anak dan masyarakat.

Kesimpulannya perceraian melalui hp itu boleh. Perceraian itu terjadi jika suami memang berniat untuk menceraikannya dengan adanya sebab yang mewajibkan adanya perceraian tersebut. Dan tidak ada alasan undang-undang dalam sebuah pemerintahan untuk melarang hal tersebut (perceraian lewat hp).

Sumber: 
Jum'ah, Syeikh Ali, Fatawa Ashriyyah, Juz 1, Halaman 405, Darussalam, cetakan 3, 2009 M. 
Share this article :

1 comment:

  1. Tittanium Bingo Games - Tournament - TITNIA - Tioga Online
    Join Tittanium Bingo titanium pipes Game Tournament! Join us in our 2019 ford fusion hybrid titanium online 2017 ford fusion energi titanium game tournament mode for more samsung galaxy watch 3 titanium tournaments and prizes! titanium solvent trap monocore

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Syari'ah Islam Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template