Headlines News :
Home » » Perbedaan Tauhid dan Ilmu Tauhid

Perbedaan Tauhid dan Ilmu Tauhid

Written By *Ahsan on Monday, September 5, 2011 | 11:31 PM

Islam adalah agama yang sholih likulli zaman wa makan. Oleh karenanya Syari'ah Islamiyah dibagi menjadi 3 bagian.
1. Tauhid (dipelajari dalam ilmu tauhid)
2. Fiqih (dipelajari dalam ilmu fiqih)
3. Akhlaq (dipelajari dalam ilmu akhlaq)

Pada pembahasan kali ini saya akan menitikberatkan pada permasalahan TAUHID. Karena permasalahn tauhid ini sangat penting bagi saya. Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara tauhid dan ilmu tauhid. Lantas mengapa mereka memperkeruh masalah dengan memasukkannya ke permasalahan ikhtilaf mugholladloh?

Masalah tauhid ini dapat diketahui dengan mempelajari ilmu Tauhid. Jika seseorang sudah berbeda pendapat dalam masalah tauhid ini, maka bisa disebut ikhtilaf tersebut adalah ikhtilaf mugholladloh. Artinya jika satu golongan benar, pastinya golongan yang lain salah atau sebaliknya. Jadi intinya ikhtilaf mugholladhoh ini ikhtilaf yang satu benar dan yang satu salah.

Nah, permasalahnnya sekarang ini kenapa banyak golongan yang berbeda tauhidnya, seperti: tauhid asya'irah, tauhid maturidiyah, tauhid syi'ah dan tauhid wahabiyah dan lain sebagainya.

Sebenarnya umat islam saat ini semua mempunyai tauhid satu, yaitu meng-esakan Allah SWT. Yang berbeda diantara kita hanyalah pada ilmu tauhidnya saja. Tentunya permasalahan ikhtilaf disini bukan ikhtilaf mugholladloh seperti yang disebutkan diatas tadi.

Intinya jika seseorang masuk mempunyai tauhid meng-esakan Allah, berarti dia mempunyai tauhid yang benar.

Lebih parahnya, sekarang banyak orang yang mengkafirkan saudaranya seiman gara-gara berbeda pada pembahasan ilmu tauhid. Bisa saya katakan, orang yang mengkafirkan saudaranya yang masih mengucapkan kalimat laa ilaaha illallah, dialah orang yang salah. Karena hal ini tidak selayaknya dilakukan oleh seorang mu'min yang taat kepada Allah.

Artikel Sebelumnya:
Hukum Merayakan Natal
Fiqih Pada Zaman Rasulullah
Potret Wanita Akhir Zaman

Keyword:
perbedaan tauhid dan ilmu tauhid, mengetahui perbedaan tauhid dan ilmu tauhid, kenapa banyak permasalahan tentang tauhid?, banyak orang yang tidak paham tentang masalah tauhid, pemahaman orang yang salah tentang konsep tauhid, tauhid kita sama, apa itu tauhid?, tauhid, tauhid kita meng-esakan Allah SWT, tidak ada tauhid yang berbeda diantara kita, yang berbeda hanyalah ilmu tauhid saja.
Share this article :

1 comment:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Syari'ah Islam Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template