Headlines News :
Home » » Siapakah Sebenarnya Yang Disebut Salaf?

Siapakah Sebenarnya Yang Disebut Salaf?

Written By *Ahsan on Friday, October 5, 2012 | 7:38 AM


Akhir-akhir ini banyak orang yang dibingungkan dengan orang-orang yang mengaku salaf. Apa sih salaf itu? Apakah mereka benar-benar salaf yang hakiki? Siapa sajakah yang termasuk orang salaf?

Baiklah, kali ini kita akan sedikit mengupas hakekat salaf. Mulai dari siapa sajakah yang pantas disebut salaf, sejarahnya dan hubungannya dengan salafiyah.

Lafadz salaf secara istilah adalah orang-orang yang hidup pada tiga abad pertama Islam. Hal ini didasari dengan hadits Rasulullah SAW 
خير القرون قرني ثم الذي يلونهم ثم الذي يلونهم 
Artinya: "Sebaik-baik masa adalah masaku, kemudian masa setelahku, kemudian masa setelahku.

Dalam hadits ini bisa dipahami, bahwa sebaik-baik masa adalah masa Rasulullah SAW sampai 100 H, kemudian tahun 100-200 H dan tahun 200-300 H. Atau bisa diringkas dari masa beliau sampai tahun 300 H. Itulah mereka salaf (salafiyah) hakiki.

Sedangkan penyebutan salafiyah (orang-orang salaf) yang saat ini sudah sangat menyebar di telinga kita sudah jauh dari makna sebenarnya. istilah ini sudah diselewengkan pemahamannya dan pemakaiannya. Bahkan ada sebagian orang yang mengaku-ngaku hanya merekalah yang disebut salaf, sedangkan orang-orang yang tidak sepaham dengan mereka tidak bisa disebut salaf.

Sumber: Al Mutasyaddidun, manhajuhum wa munaqosyatu ahammi qadlayahum, Syeikh Ali Jum'ah Mufti Mesir, Muqattam li nasyr wa tauzi', cetakan 2, 2012 M/1433 H, halaman 5
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Syari'ah Islam Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template